KUNJUNGAN KE :

Rabu, 29 Februari 2012

PERJALANAN PARA PENJELAJAH DUNIA

Penjelajahan Dunia
KISAH PERJALANAN MENJELAJAHI DUNIA :

1. Marcopolo

Perjalanan berawal dari Vanesia pada tahun 1271. ketika itu Marco polo berusia 23 tahun,beserta ayah dan paamannya berniaga mengarungi samudra luas melewati Persia(sekarang Iran),Afganistan,serta utara tibet. Banyak daerah yang belum mereka kenal. Akhirnya mereka tiba di peking(China). Saat itu kaisarnya Kubilai Khan. Mereka menjadi tamu kehormatan kaisar. Marco Polo menyampaikan pesan khusus Sri Paus. Selanjutnya mereka singgah ke burma. Marco Polo kembali pulang menyusuri semenajung india,melewati persia. Penjelajahan mereka berlayar hampir 24 tahun. Namun pada 3 tahun kemudian Marco Polo menjadi tawanan,ketika terjadi pertempuaran laut antara Venesia dan Genoa. Di dalam penjara itulah Marco polo mengisahkan perjalanan keduanya kepada teman sepenjara,yang kemudian menuliskannya sebuah buku berjudul “Perjalanan Marco Polo”. 

2. John dan Sebastian Cabot John Cabot 

Lahir di Genoa,Italia (1450-1498). Sebagai padagang ia lebih senang menetap di Bristol,Inggris. Pelayarannya telah sampai panta Amerika Utara,kemungkinan is telah mendarat di benua Amerika,sebelum ditemukan Colombus. Bersama anaknya Sebastian mengarungi samudra dengan harapan menemukan jalur perdagangan baru ke Asia Tenggara. Tetapi yang di temukannya mungkin New Founland atau Labrador. Pada tahun berikutnya mereka kembali berlayar,kali ini lebih jauh lagi menyusuri pantai Amerika Selatan. Tetapi sayang ia meninggal dunia di perjalanan sebelum ia tiba di Bristol (Inggris). Dia mencari lintasan barat laut menuju ke china,hingga sampai ke teluk Hudson. Ketika dia bekerja untuk Spanyol,ia mendarat di sungai plate dan paran di Amerika Selatan. Dan Sebastian tiba di Briston (Inggris) pada tahun 1548 

3. Bartholomeus Diaz 

Penjelajahan bangsa Portugis yang pertama sampai di bagian barat Afrika pada tahun 1484. mereka berlayar mencari emas dan mencari jalur laut menuju India. Di mulai dari Sungai Kongo menjelajah pantai 220 km. Sampai akhirnya muncul Diaz(1455-1500) berlayar menyusuri dari kongo ke arah selatan dan menemukan Tanjung Hrapan. Dia mengelilngi tanjung itu sampai ke Great Fish River. Diaz berlayar menyusuri pantai sampai sejauh 200 km lebih 

4. Colombus (1451-1506)

 Nama aslinya adalah Chrisoforo Columbo,orang Italia yang kemudian menetap di Portugal dan mengubah namnaya menjadi Christopher Colombus. Dia meyakinni bahwa dunia nulat, maka a berlayar menuju je barat agar dapat mencapai Asia. Dia di anggap penemu benua Amerika. Pada tahun 1492 atas biaya raja Spanyol,Colombus berlaya mengarungi samudra Atlantik, dan sampai di kepulauan Bahama di seberang pantai Amerika. Ia juga menemukan hindia barat. Pada pelayaran ketiga kalinya tahun 1498 ia sampai di Amerika Selatan. Kesuksesannya itu membuat beberapa orang bawahannya tidak suka,buntut dari peristiwa itu ketika ia kembali ke Spanyol sebagai tawanan. Terakhir dia nerlayar tahun 1502,dan ia tak pernah menyadari bahwa pulau-pulau yang di kunjunginya itu bukan merupakan bagian benua Asia 

5. Vasco da Gama (1460-1525)

Si petualang dari Portugis ini melanjutkan misi penjelajahan yang telah di lakukan penjelajah sebelumnya,yaitu Diaz dan Diego Cam. Dia mencari jalur laut dari Eropa menuju India yang dimulainya sari Lisbon(Portugal) dan berlayar ke Cepe Verde Isaland (Kepulauan Tanjung Hijau). Lalu menyusur ke selatn sampai ke Tanjung Harapan,setealh itu ke pantai timur jauh ke utara sampai Malindi (Kenya). Pelayaran dilanjutkan mengarungi Samudar Hindia dan pada tahun 1499 tiba di pantai barat daya India dan menetap di sana. Pada tahun 1499 kembali pulang ke Portugal disambut dengan penuh rasa hormat. Dia melakukan pelayaran ke India lagi pada tahun 1502 dan 1524. 

6. Ferdinand Magellan

Ekspedisi berikutnya dilakukan oleh bangsa Portugis yaitu Magellan(1480-1521). Perjalanannya mengarungi samudar Atlantik menuju ke barat ke Hindia Belanda. Dengan melewati seppanjang ujung Amerika Selatan. Dilaluinya Samudra Pasifik dan singgah di kepualuan Filipina. Tapi sayang,dia disitu terbunuh saat berselisih dengan penduduk setempat. Pelayaran dilanjutkan oleh anak buahnya. 

7. Cartier (1491-1557)

Pelaut bekebangsaan Prancis ini nama lengkapnya Jacques Cartier. Dia mencoba melintasi barat laut china mengitari Amerika Utara. Tetapi ia mengalami kegagalan. Pada tahun 1536 dicobanya lagi dan menemukan teluk dan sungai St. Lawrence. Dari suku Indian diperoleh keterangan jika dirinya saat itu telah sampai di daerah Kanada. 

8. Cortes (1485-1547)

Cortes memimpin ekspedisi dan menemukan Mexico pada tahun 1518. suku Azte di Tenochtitian menerima Cortez dengan hormat. Tetapi kemudian suku Aztex dapat dikuasai dan Kisara Motezuma ditawan. Suku Aztex melakukan perlawanan,dalam peperangan Kaisar Motezuma terbunuh. Cortez berhasil menklukkan seluruh Mexiico untuk raja Spanyol. Dia berkuasa di sana selama 10 tahun. 

9. Drake (1534-1596)

Nama lengkapnya adalah Sir Francis Darke,pelaut bangsa Inggris ini memulai perjalanannya pada tahun 1557 mengelilingi Amerika Selatan dan sampai ke Pantai Pasifik di Amerika Utara. Lalu ia kembali ke Inggris melalui Filipina dan Tanjung Harapan di Afrika Selatan. Ia orang Inggris pertama yang mengelilingi dunia. Pada tahun 1588 ketika ia bertugas sebagai panglima memperkuat armada Kerajaan Inggris ketika armada laut Kerajaan Spanyol menyerbu Inggris. Ketika itu armada Inggris yang dipimpinnya berusaha menghalang-halangi mendaratnya kapal-kapal perang Spanyol. 

10. Hudson (1550-1611)

Benua Amerika berhasil ditemukan, para pedagang mulai mencari jalur ke arah barat dari Eropa ke Asia. Mereka menganggap ada jalur laut yang bisa dilalui dari ujung Ameriaka Utara yang di sebut lintasan barat laut. Pelayaran yang berani ini dilakukan oleh seorang pelaut Inggris Hunry Hudson. Mereka sampai di Amerika Utara dan Kutub Utara kanada. Mereka mengalami kesukaran hebat ketika harus berjuang di kutub utara selama musim salju, para awak kapalnya membelot dann meninggalkan Hudson dan anak buahnya yang masih setia terapung-apung di kapal terbuka. Sampai akhirnya mereka tak pernah di temukan.

Sumber : click here